Berikut profil perpustakaan "Titian Cendikia" SMAN 1 Cikande:
A. Sejarah Pendirian
Sejarah perjalanan Perpustakaan Titian Cendikia tidak bisa dilepaskan dari keberadaan SMAN 1 CIKANDE karena Perpustakaan Titian Cendikia berada di bawah naungan SMAN 1 Cikande. Namun ada rentang waktu yang panjang antara mulai beroperasinya kegiatan belajar di SMAN 1 Cikande dengan pendirian Perpustakaan SMAN 1 Cikande.
B. Identitas
Nama : Titian Cendikia
Alamat : SMAN 1 Cikande
Jl. Otonom Cikande-Bandung, Kp. Gedongburung, Ds. Situterate Kec. Cikande Kab. Serang-Banten 42186
Website : www.titiancendikia-sman1cikande.web.id
Email : perpustakaansmancik@gmail.com   suhartaarsadi22240@gmail.com
Kontak
Admin : 081315050379
Kapus : 081517779115
Putakawan : 081276865574
C. Visi dan Misi
1. Visi
Menjadi perpustakaan sekolah yang berorientasi untuk menciptakan lulusan yang beriman, cerdas, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai aset bangsa.
2. Misi
Menjadikan perpustakan sebagai jantung proses pendidikan di sekolah
Memberikan pelayanan yang profesional dan ramah.
Menjadikan perpustakaan sebagai tempat belajar yang menyenangkan.
D. Moto
  “Membaca membuka jendela dunia”.
E. Sarana dan Prasarana yang Dimiliki
Luas bangunan - 192 m2
Koleksi buku - 3.230 judul, 3500 exemplar.
Rak Buku - 17 unit
Rak majalah - 4 unit
Meja Baca - 6 set
Meja Kerja - 3 set
TV - 1 unit
Infokus - 1 unit
Komputer Kerja - 3 unit
Loker tas - 30 unit
Loker sepatu - 60 unit
G. Job Description
Kepala Perpustakaan
Menyusun rencana, program kerja, dan anggaran perpustakaan;
Mengumpulkan, mengelola dan melestarikan koleksi-koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Titian Cendikia;
Mengembangkan minat baca di kalangan guru dan siswa;
Menjadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat yang rekreatif dan menyenangkan bagi guru dan siswa;
Mengembangkan infrastruktur dan teknologi untuk kemudahan akses koleksi koleksi yang dimiliki Perpustakaan Titian Cendikia;
Mengorganisasikan sumber daya dan anggaran dana Perpustakaan Titian Cendikia;
Mendukung budaya menulis ilmiah di kalangan guru dan siswa;
Mendukung terlaksananya kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkualitas di Titian Cendikia;
Menjalin kerjasama dengan institusi yang relevan untuk pengembangan Perpustakaan Titian Cendikia;
Membuat kebijakan-kebijakan dan langkah-langkah strategis yang bersifat internal dalam rangka mewujudkan rencana pengembangan perpustakaan;
Menyusun standar dan pedoman pengelolaan perpustakaan;
Mengembangkan jaringan dan kerjasama dengan perpustakaan sekolah lainnya;
Memberikan bimbingan teknis terhadap pustakawan dan pemustaka;
Mengontrol kinerja pustakawan perpustakaan lainnya;
Mengidentifikasi permasalahan yang ada dan membuat langkah-langkah pemecahan masalah;
Melakukan evaluasi terhadap jalannya kegiatan perpustakaan secara periodik;
Membuat laporan berkala kepada kepala sekolah.
Bagian Layanan Leknis
Menyusun program kerja Bagian Layanan Teknis;
Melakukan kajian pengembangan dan kebutuhan sumber informasi;
Mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan stok opname koleksi.
Menyusun laporan bulanan kepada Kepala Perpustakaan.
Bidang Pengadaan
Melakukan survey kebutuhan koleksi;
Melakukan pengadaan koleksi baik melalui metode hadiah/hibah, pertukaran, maupun pembelian;
Membimbing siswa PKL;
Menyiapkan data statistik kegiatan Bagian Pengadaan koleksi;
Menyiapkan data usulan rencana kerja dan barang kebutuhan Sub Bagian pengadaan koleksi digital/multimedia;
Penerimaan koleksi baik melalui metode hadiah/hibah, pertukaran, maupun pembelian.
Bidang Pengolahan
Menyusun program kerja Bidang Pengolahan bahan pustaka;
Verifikasi bahan perpustakaan dengan database yang ada;
Menentukan deskripsi, tajuk entri, tajuk subjek dan nomor panggil (call number) bahan pustaka berdasarkan standar yang ditetapkan;
Input data bibliografis bahan pustaka ke dalam sistem otomasi perpustakaan.
Menerima koleksi yang sudah diperbaiki dari bagian pemeliharaan;
Melengkapi atribut koleksi dan bahan pustaka;
Mengirim buku yang sudah selesai di olah ke bagian layanan;
Mengubah status koleksi yang sedang diperbaiki dari tersedia menjadi sedang diperbaiki dan sebaliknya dan dari tersedia menjadi rusak dan dari tersedia menjadi hilang;
Bidang Pemeliharaan Buku
Melakukan preservasi dan fumigasi serta penyiangan koleksi bahan pustaka secara periodik;
Melakukan pemilihan, pendataan dan perbaikan koleksi yang rusak;
Menyusun buku kembali ke rak sesuai nomor klasifikasi
Bagian TI
Menyusun program kerja bidang TI;
Menganalisa dan mengkaji perkembangan dan tren teknologi informasi bidang perpustakaan;
Mengontrol penggunaan sistem perpustakaan;
Menyusun perencanaan arsitektur TI;
Melakukan analisis dan kajian kebutuhan sarana informasi institusi dan pengguna;
Melakukan desain dan pengelolaan web, layanan digital dan perawatan bahan digital.
Menyusun laporan bulanan kepada Kepala Perpustakaan.
Bidang Pengembangan Web dan Design
Menyelenggarakan kegiatan web content perpustakaan, facebook dan instagram;
Melaksanakan pemantauan web content, facebook dan instagram perpustakaan serta meninjau dan memperbaruinya;
Menyelenggarakan pengembangan web content, facebook dan instagram sesuai dengan kebutuhan;
Mendesain tampilan situs web, facebook dan instagram mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan memastikan tulisan dan graphic elements lebih tampak menarik;
Melakukan koordinasi dengan bidang lain terkait kepentingan web content, facebook dan instagram;
Menerima, memeriksa dan mengkoreksi konsep content / informasi dari penulis berita maupun dari sumber lain;
Mengelola, maintenance, troubleshooting, atas website, facebook dan instagram;
Melaksanakan evaluasi web, facebook dan instagram content perpustakaan;
Bidang Layanan Digital
Melaksanakan pemantauan penyelenggaraan layanan perpustakaan secara digital;
Melaksanakan kegiatan rutin pengamanan data dalam sistem perpustakaan;
Melaksanakan perbaikan database, jaringan, software dan hardware;
Melaksanakan pengembangan bidang digital sesuai dengan kebutuhan perpustakaan;
Bidang Perawatan Bahan Digital
Melaksanakan perawatan bahan digital perpustakaan;
Meriksa kerusakan perangkat digital perpustakaan;
Merekap kerusakan pada perangkat digital perpustakaan;
Mengajukan perbaikan perangkat digital yang rusak kepada atasan;
Layanan Pemustaka
Menyusun program kerja Bidang Layanan Pemustaka;
Melakukan analisis perkembangan layanan pemustaka;
Menyusun konsep, materi dan pelaksanaan pendidikan pemustaka;
Menjawab saran & masukan dari pengguna baik secara manual maupun elektronik;
Merekomendasi penggantian buku hilang;
Memberikan pengesahan bebas perpustakaan;
Mengatur dan menyelenggarakan kegiatan layanan antar perpustakaan;
Menyusun laporan bulanan kepada Kepala Perpustakaan.
Bidang Layanan Anggota
Mengatur dan menyelenggarakan kegiatan layanan keanggotaan;
Mencetak formulir anggota perpustakaan bagi setiap anggota baru;
Melakukan kegiatan entri data anggota perpustakaan;
Melakukkan kegiatan administrasi dan pembuatan kartu anggota;
Melakukan kegiatan administrasi sumbangan alumni;
Memeriksa arsip keanggotaan bila calon anggota tidak mempunyai data yang lengkap.
Merekap jumlah anggota perpustakaan dan membuat perosentase anggota setiap bulannya.
Mengkoordinasikan kegiatan front office (check in & check out) dan penitipan tas.
Bidang Layanan Sirkulasi
Melakukan pelayanan kegiatan peminjaman & pengembalian koleksi;
Melakukan kegiatan administrasi denda & dispensasi Denda;
Melakukan kegiatan administrasi penggantian buku;
Menyiapkan data pemanggilan pada peminjam yang terlambat mengembalikan koleksi;
Penyusunan kembali koleksi di rak buku;
Memonitor dan menjaga keberlangsungan implementasi sistem layanan sirkulasi;
Menerima dan mengevaluasi pengiriman koleksi buku dari bagian terkait;
Sahabat Pemustaka
Menerima dan melaksanakan peminjaman buku sesuai pesanan guru;
Membawa buku ke ruang kelas;
Mengembalikan buku yang telah selesai digunakan di kelas ke perpustakaan;
E-Library
Televisi 50"
Loker tas
LCD Proyektor
Tablet
Rak buku ensiklopedia
Pendingin ruangan AC
Komputer unit layanan
Ruang luas dan nyaman